Sabtu, 08 Januari 2011

Single and Happy

Aku baik-baik saja menikmati hidup yang aku punya
Hidupku sangat sempurna I’m single and very happy
Mengejar mimpi-mimpi indah bebas lakukan yang aku suka
Berteman dengan siapa saja I’m single and very happy

Itu kutipan lagu Oppie Andaresta – Single happy. Dan seperti itulah hidupku single but I’m very happy with my life. Hanya saja orang-orang disekitarku tidak setuju dengan pendapatku. Terutama my mother. Beliau selalu cerewet dengan statusku, malah parahnya lagi mama tuh berusaha jodohkan aku sama anak teman-teman arisannya atau dengan keluarga yang punya anak cowok yang masih jomblo. Aku sampe malu kayak aku gak bisa cari sendiri aja. Memang diusiaku yang sudah 29 tahun ini seharusnya aku sudah menikah dan punya anak. Dalam keluargaku malahan ada yang sudah menikah di usia 20 tahun. Tapi yang namanya jodoh itu nggak bisa kita tebak tergantung sama Tuhan mau ngasih cepat atau lambat, kita Cuma bisa berusaha dan berdoa nggak bisa terlalu ngoyo. Kalo mama sih bilangnya jangan sampai usia 30 soalnya nanti jadi perawan tua lho. Memangnya ada batasan ya orang menikah harus usia berapa? Pusing aku kalo sudah berurusan dengan kalimat menikah dan mendengar pertanyaan “Kapan kamu nikah” bête banget kalo udah dapat pertanyaan kaya gitu.

Aku juga masih belum dapat jawaban kenapa menikah itu selalu mengejar-ngejar kaum wanita apalagi kalo sudah beranjak pada usia 25 tahun keatas. Dan perjodohan pun di halalkan seperti di zaman siti nurbaya aja cuman sekarang lebih keren yang jadi datuk maringgihnya soalnya masih muda-muda. Seperti contohnya saat ini nih…
Saat itu aku lagi asik dengan novelku diteras depan dan tiba-tiba dari pagar aku mendengar seseorang memanggil nama mamaku dan waktu aku liat ternyata ada tante Wati temannya mama. Aku langsung membukakan pagar dan mempersilahkan Tante Wati masuk.

“Masuk Tante. Cari mama ya?” Tanyaku setelah membukakan pagar. Aku melihat Tante Wati nih nggak sendirian tapi bersama seorang cowok yang lumayan kece juga kalo menurutku dan firasatku mulai nggak enak nih.
“Iya Na. Ada?” Sahut Tante Wati sambil mengikutiku masuk ke dalam rumah.
“Ada Tante. Silahkan duduk. Bentar ya Nana panggilin.” Sahutku sambil mempersilahkan Tante Wati duduk dan langsung mencari mama didalam.
Dan ternyata firasatku gak salah. Setelah tante Wati pulang mama langsung menyerbuku dengan pertanyaan
“Na, gimana anaknya tante Wati?” Tanya mama akhirnya.
“Lumayan.” Jawabku sekenanya karena memang aku nggak berniat sama anaknya Tante Wati itu yang belum kenal aja udah keliatan angkuh mentang-mentang orang kaya.
“Lho kok Cuma lumayan?”Tanya mama lagi ngerasa nggak puas sama jawabanku.
“Mama mau Nana jawab apa?”
“Yah jawab apa kek. Misalnya anaknya cakep, keren atau apalah.”
“Mamaku sayang berhenti donk jodoh-jodohin Nana kayak gitu Nana malu ma. Masa jaman sekarang masih ada yang dijodoh-jodohin sih kayak jaman siti nurbaya aja.”
“Malu mana kalo nggak punya pacar? Dikira anak mama nggak suka sama cowok lagi. Mamakan juga malu anak mama digosipin kayak gitu. Apalagi kamu sering banget bergaul sama teman-teman yang lebih banyak cowoknya daripada ceweknya.”
“Mama, dengarin Nana ya ma. Nana masih normal. Nana masih suka sama cowok. Cuman saat ini mungkin jodohnya Nana itu masih disimpan sama Tuhan belum mau ditunjukin. Entar kalo Nana dianggap Tuhan udah cukup siap pasti Nana bakal dapat jodoh deh ma. Tenang aja ya ma. Mama nggak perlu dengarin kata-kata orang. Dan mama berenti jodohin Nana sama anak teman-teman mama. Oke mama.” Tuturku panjang.
“Mamakan cuman pengen liat kamu menikah dan bahagia sayang.” Sahut mama agak sedih dan aku jadi nggak tega udah ngomong kayak gitu tadi.

“Mama jangan sedih. Biar Nana belum menikah tapi Nana tetap bahagia karena Nana punya teman-teman yang baik dan juga Nana punya mama dan keluarga yang sayang sama Nana. Mama nggak usah sedih ya ma. Nana jadi ikut sedih kalo mama sedih. Nana yakin suatu saat nanti Nana bakal ketemu dengan jodoh Nana. Jadi mama yang sabar ya. Nggak usah sedih. Ya mama senyum donk….” Sahutku sambil memeluk mamaku tercinta. Dan aku senang melihat senyum mama.
“Nana minta maaf ma kalo Nana masih belum bisa bikin mama bahagia dengan melihat Nana menikah. Tapi Nana akan menunjukkan sama mama kalo biarpun Nana masih jomblo Nana tetap bahagia.” Batinku sambil tetap memeluk mama.

XXXX
“Surprise…..” Sahut Linda yang tiba-tiba muncul dimejaku dengan wajah berseri-seri.
“Kenapa elu Lin jam segini udah ceria banget? Abis dapat duit ya?” Tanyaku yang bingung ngeliat tingkah laku Linda hari ini super ceria.
“Liat donk Na” Sahut Linda sambil menunjukkan jari tangannya ke wajahku dan ternyata dia menunjukkan cincin bermata satu yang saat ini tengah nangkring dengan cantik dijari manisnya.
“Iwan ngelamar kamu Lin?” Tanyaku antusias. Iwan itu pacar Linda yang udah 3 tahun pacaran tapi belum kawin-kawin juga.
“Iya. Bagus kan?”
“Wih selamat ya Lin. Gue senang banget. Jadi kapan rencananya?”
“Rencananya sih tiga bulan lagi. Jadi doain ya. Bantuin gue juga.”
“Tenang aja pasti gue bantuin. Berlian nih Lin?” Tanyaku sambil memperhatikan cincin yang ada dijari Linda.
“Gila apa si Iwan ngasih gue berlian. Entar dikira ngerampok di toko perhiasan lagi.”
“Siapa tau aja Iwan memang sanggup beli berlian. Elu jangan ngeremehin dia kayak gitu donk Lin.”
“Dah ah. Yang jelas gue bahagia banget. Dah ya gue balik dulu. Bye…” Linda beranjak menjauh dari mejaku dengan wajah berseri-seri.

Senang memang kalo bisa seperti Linda. Punya pacar yang punya pekerjaan bagus dan serius siap untuk menikah. Yang pasti nih mama bakalan nggak bisa tidur saking senangnya karena aku bakal menikah. Ah bête banget lagi-lagi aku harus ngadapin tentang pernikahan. Kenapa sih menikah itu harus menjadi suatu prioritas? Kenapa kita gak bisa punya kebebasan untuk memilih menikah atau tidak? Apa menjadi single itu salah? Apa kalo single alias jomblo dunia akan berakhir. Jomblo kan bukan pilihan. Kalo disuruh milih juga aku pengennya sudah menikah saat ini, tapi masalahnya saat ini aku masih belum ketemu dengan seseorang yang bisa menarik perhatianku. Dan aku yakin suatu saat nanti aku pasti ketemu dengan pangeran pujaanku itu entah berapa lama lagi aku juga nggak tau pasti yang pasti aku tetap sabar.

Lagipula masih banyak yang ingin aku raih dalam hidupku. Menikah bukanlah solusi untuk hidup bahagia. Seperti lagunya Oppie Andaresta “I’m single and happy” Saat ini aku memang single tapi aku happy dengan teman-teman yang menyenangkan disekitarku. Dan aku tidak merasa kesepian karena semua orang sayang sama aku. Bagiku itu sudah cukup. Yah aku memang jomblo tapi aku bahagia. Selamat jomblo…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar