Bermacam-macam
jenis software akuntansi:
- Database MYOB
MYOB
merupakan software buatan luar negeri sehingga tidak ada feature
perpajakan di dalamnya. Pembuatan laporan yang berkaitan dengan
perpajakan seperti form pelaporan PPN dan lainnya tidak tersedia di
dalam MYOB dan harus dikelola di luar software MYOB.
Tidak
ada module fixed assets, sehingga apabila perusahaan memerlukan modul
untuk mengelola assets yang dimiliki maka tidak dapat dipenuhi oleh
MYOB. Contoh bidang usaha yang memerlukan antara lain adalah
persewaan genset yang memerlukan pengelolaan keberadaan lokasi,
maintenance, jenis barang dan lainnya.
Kekurangan:
1.
Multi Warehouse yang mengakibatkan pengelolaan atas barang konsinyasi
relatif sulit dikelola di dalam MYOB.
2.
MYOB tidak dapat digunakan untuk mengelola perusahaan dengan multi
company, artinya laporan konsolidasi tidak dapat diharapkan dapat
dibuat dengan menggunakan MYOB.
Kelebihan:
1.
Easy of use; MYOB menawarkan kemudahan dalam penggunaannya, artinya
pengguna dapat mempergunakan MYOB walaupun yang bersangkutan tidak
memiliki latar belakang pembukuan sama sekali. Kuncinya adalah setup
dan implementasi yang baik. Hal tersulit dan yang paling penting
dalam penerapan MYOB adalah pada saat proses setup, dimana proses
bisnis yang ada di dalam perusahaan di otomatisasi dengan
mempergunakan alat bantu MYOB, sehingga dalam pelaksanaan
kesehariannya, pengguna hanya mengikuti proses bisnis yang telah
disusun sebelumnya.
2.
Accounting Power; Software MYOB telah cukup lama dikembangkan dan
secara berkesinambungan mengeluarkan perbaikan release. Sehingga
pengelolaan informasi dengan menggunakan software MYOB cukup dapat
diandalkan. Sepanjang setup yang dilakukan telah dilakukan dengan
baik dan benar, MYOB dapat mengeluarkan laporan yang dapat
diandalkan.
3.
Feature Job dan Category yang dapat digunakan untuk pengelolaan
proyek serta departmentalisasi, sehingga dapat diperoleh laporan
manajemen per proyek maupun per departmen yang berguna bagi manajemen
untuk mengetahui kinerja dan sebagai dasar langkah perbaikan yang
harus dilakukan.
4.
Proses instalasi dan maintenance yang murah. Instalasi MYOB dapat
dilakukan dengan mudah dan biasanya tidak dipungut biaya maintenance
tahunan, artinya walaupun release terbaru telah dikeluarkan oleh
MYOB, para pengguna release sebelumnya tetap masih dapat
menggunakannya, dan apabila diperlukan bisa dilakukan pembelian
upgrade dengan harga yang relatif lebih murah dibandingkan dengan
pembelian baru.
5.
Tenaga kerja yang mengetahui dan paham atau setidaknya mengetahui
MYOB cukup banyak ditemui di pasar. Telah banyak berkembang lembaga
pendidikan baik lembaga kursus maupun lembaga pendidikan tingkat
universitas yang mengajarkan software MYOB sebagai bagian dari
pelajaran Accounting.
2.
Microsoft
Office Accounting Express (MOAE)
Kelebihan:
1.
Pengoperasian MOAE sangat mudah tanpa memerlukan pengetahuan
akuntansi
2.
Dimana aplikasinya hanya memasukkan data transaksi dari data
sumber (faktur, slip setor,dan nota-nota lainnya) tanpa harus
melakukan penjurnalan terlebih dahulu.
3.
bisa secara otomatis menghasilkan laporan keuangan atau
laporan lainnya sewaktu-waktu.
4.
menyediakan fitur pengelolaan data klien
Kekurangan:
1.
Dalam hal perpajakan (MOAE)
tidak memfasilitasi kepentingan peraturan perpajakan yang
berlaku di Indonesia.
2.
Untuk fitur- fitur pajak
yang tersedia yaitu dengan menginput tarif pajak tunggal yang ingin
dibebankan terhadap suatu transaksi.
3.
Accurate
Accounting
Kelebihan:
a.
sangat mudah sangat aplikatif bagi proses bisnis UKM di
Indonesia
b.
Dalam hal kepentingan perpajakan, Accurate telah menyediakan
fitur Pajak Penjualan(PPn) yang berlaku di Indonesia.
c.
Standar akuntansi yang digunakan pun sudah sesuai dengan
standar akuntansi yang ada di Indonesia, terkait pencatatan dan
pelaporan keuangannya.
d.
Nilai transaksi yang dapat dicover software ini bisa mencapai
15 digit atau setara dengan 920 triliun.
Kekurangan:
1.
Untuk Harga sangat mahal:
a.
ACCURATE Standard Rp. 5.000.000, – 2 user(2 komputer)
b.
ACCURATE Project Rp. 8.000.000, – 2 user (2 komputer)
c.
ACCURATE Enterprise Rp. 25.000.000, – 5 user (5 komputer)
d.
ACCURATE Extra Licence Rp. 1.500.000/licence (penambahan
komputer)
4.
DacEasy Accounting 3.0
Kelebihan:
a.
Respon cepat
b.
Jarang terkena virus
c.
Data akan tersimpan secara otomatis jika terjadi keadaan yang tak
terduga, contohnya mati lampu.
Kekurangan:
a.
Tampilan masih hitam putih
b.
Sangat sulit untuk di upgrade jika untuk pengembangan software ini.
c.
Masih memerluka printer yang lama(dot matrix).
5.
Zahir Accounting
Kelebihan:
a.
Mudah digunakan oleh non Akuntan
b.
Desain
User Interface Menarik dan Mudah Dipahami
c.
Faktur
dan Laporan dapat Didesain
d.
Laporan
dapat Diemail dan Diexport ke Berbagai Format
e.
Menggunakan
Database Client Server
f.
Fasilitas
dan Kapasitas dapat Dipilih Sesuai Kebutuhan
g.
Berbagai
Grafik dan Analisa Bisnis Interaktif
h.
Laporan
dapat Diklik untuk Melihat Detail Transaksi (Audit / Drill-down)
Kelemahan:
a.
Harga untuk licensinya mahal
b.
tidak dapat secara otomatis
menghitung biaya perjam, perburuh, dan biaya2 lain pada akuntansi
biaya, sebab biaya per satuan ini merupakan perhitungan alokasi
biaya, bukan biaya sesungguhnya.
c.
Hanya memiliki satu mata uang.
Low-end
software akuntansi telah direncanakan untuk usaha kecil. Perangkat
lunak ini terdiri dari manajemen, modul untuk penggajian, e-commerce,
hubungan pelanggan, pelaporan keuangan, dll jenis perangkat lunak ini
sangat membantu dalam menciptakan faktur, menggabungkan rekening dan
gaji yang, rata-rata, produk entri tunggal. Meskipun dikenal untuk
keandalan mereka, beberapa program akuntansi low-end perangkat lunak
tidak mengandung keamanan yang cukup atau uji audit.
Mid-pasar
perangkat lunak akuntansi lampu sorot menengah bisnis dan
terintegrasi bersama dengan sistem informasi manajemen. Perangkat
lunak tersebut melakukan berbagai fungsi penting untuk account bisnis
yang berkisar US $ 2 juta sampai $ 50 juta hasil. Pelaporan alat dan
basis data ditetapkan dalam produk-produk perangkat lunak tersebut.
Prinsip akuntansi nasional biasanya bertemu dan dilayani melalui
berbagai macam aplikasi bisnis. Perangkat lunak semacam ini biasanya
berisi fungsi akuntansi umum. Selain itu, add-on mengelola sistem
informasi dapat ditawarkan dan dapat dirancang dalam arah satu atau
lebih pasar.
High-end
software akuntansi sudah diatur untuk tumbuh di tengah bisnis.
Perangkat lunak ini ditujukan untuk perusahaan besar bahwa laba $ 25
juta untuk $ 100 juta, dan lebih tinggi, pendapatan. Dukungan proses
pasti dari bisnis yang dirancang ke dalam perangkat lunak dan
integrasi signifikan dibuat diperlukan oleh kustomisasi dan
konfigurasi. Perkiraan waktu untuk implementasi pada software
high-end biasanya 5-6 bulan dan memerlukan dukungan. Perangkat lunak
ini sangat beragam dan membawa biaya tertinggi, ketika cocok dengan
perangkat lunak komputer akuntansi lainnya. High-end dan perangkat
lunak komputer akuntansi layanan, daripadanya, dinilai dalam bidang
berikutnya: integrasi dan kustomisasi; modul dan skalabilitas;
kegunaan atau user-pengalaman, dukungan, pelaporan, pelatihan dan
membantu.
Software
akuntansi ditawarkan untuk keinginan dari setiap perusahaan atau
pelanggan. Pertimbangkan aplikasi yang akan bergabung bersama-sama
dengan baik dengan perangkat lunak kolaborasi yang disajikan
perusahaan. Kontemplasi lainnya adalah fungsionalitas multi-nasional,
dalam kasus bisnis memiliki, atau suatu hari nanti mungkin, pusat
operasi jauh dari Amerika Serikat. Pikirkan bagaimana bisnis bisa
tumbuh dan memilih perangkat lunak yang akan memungkinkan
pertumbuhan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar